MATA KULIAH : Pengembangan
Program Pembelajaran Matematika
KODE MATA KULIAH : …..
BOBOT SKS : 3
SEMESTER : .....
PROGRAM STUDI : PEND. MATEMATIKA
JENJANG STUDI : S-1
DOSEN :
Awi/Nasrullah
Deskripsi:
Mata kuliah ini adalah mata kuliah matematika yang mengkaji tentang: (1) Kurikulum2013 Revisi, (2) Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, Standar Proses, dan Standar Penilaian, (3) Analisis Kompetensi Lulusan & Silabus, (4) Program Tahunan, (5) ProgramSemester, (6) Rincian MingguEfektif, (7) Analisis KKM, (8) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, (9) Penilaian, (10) Lembar Kerja Peserta Didik, (11) Bahan Ajar, (12) Analisis dan Remediasi, (13) Nilai Raport, (14) Analisis Pencapaian Target Kurikulum dan Daya Serap, (15) Praktek Penyusunan Buku Administrasi Kegiatan Pembelajaran Guru, (16) Praktek Penyajian Program Pembelajaran Matematika Interaktif.
Mata kuliah ini adalah mata kuliah matematika yang mengkaji tentang: (1) Kurikulum2013 Revisi, (2) Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, Standar Proses, dan Standar Penilaian, (3) Analisis Kompetensi Lulusan & Silabus, (4) Program Tahunan, (5) ProgramSemester, (6) Rincian MingguEfektif, (7) Analisis KKM, (8) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, (9) Penilaian, (10) Lembar Kerja Peserta Didik, (11) Bahan Ajar, (12) Analisis dan Remediasi, (13) Nilai Raport, (14) Analisis Pencapaian Target Kurikulum dan Daya Serap, (15) Praktek Penyusunan Buku Administrasi Kegiatan Pembelajaran Guru, (16) Praktek Penyajian Program Pembelajaran Matematika Interaktif.
Capaian pembelajaran yang dibebankan kepada mata kuliah Pengembangan
Program Pembelajaran Matematika
A. Sikap:
S1. Bertakwa kepada
Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
S2.
Menjunjung
tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan
etika;
S3.
Berkontribusi
dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan
kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
S4.
Berperan
sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme
serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
S5.
Menghargai
keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau
temuan orisinal orang lain;
S6.
Bekerjasama
dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan
lingkungan;
S7.
taat
hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
S8.
menginternalisasi
nilai, norma, dan etika akademik;
S9.
menunjukkan
sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; dan
S10.
menginternalisasi
semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
B. Keterampilan Umum
KU1. mampu menerapkan pemikiran logis, kritis,
sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau mampu menerapkan
pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan
atau
KU2. mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu,
dan terukur;
KU3. mampu mengkaji implikasi pengembangan atau
implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai
humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika
ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni,
menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan
tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
KU4.
menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi
atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
KU5.
mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di
bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
KU6.
mampu memelihara dan mengembang-kan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega,
sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
KU7.
mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan
supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada
pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
KU8. mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap
kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola
pembelajaran secara mandiri; dan
KU9. mampu mendokumentasikan, menyimpan,
mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah
plagiasi.
C. Keterampilan Khusus
KK1. Mampu merencanakan, mengimplementasikan,
dan mengevaluasi pembelajaran matematika secara inovatif dengan mengaplikasikan
konsep pedagogik-didaktik matematika dan keilmuan matematika serta memanfaatkan
berbagai sumber belajar dan IPTEKS yang berorientasi pada kecakapan
hidup
KK2. Mampu mengaji dan menerapkan berbagai metode pembelajaran matematika
yang telah tersedia secara inovatif dan teruji.
KK3.
Mampu melakukan pendampingan terhadap
siswa dalam pembelajaran matematika.
KK4. Mampu merancang dan melaksanakan penelitian
untuk menghasilkan alternatif penyelesaian masalah di bidang pendidikan
matematika serta mempublikasikan hasilnya.
D. Pengetahuan
PP1:
Capaian Pembelajaran Matakuliah
Setelah mengikuti
perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan:
1.
memiliki
kemampuan kehidupan bermasyarakat, bekerja sama, kepekaan sosial, disiplin, dan
menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan sebagai pendidik matematika
secara mandiri.
2. memiliki kompetensi akademik kependidikan dan
kaitannya dengan kompetensi akademik bidang studi matematika dan memantapkan
kemampuan aljabar dasar.
Luaran Matakuliah
Luaran Matakuliah
Untuk matakuliah ini, mahasiswa diharapkan menyusun portofolio program pembelajaran matematika. Adapun garis besar program tersebut dapat melihat deskripsi yang dikemukakan sebelumnya. Sebagai kelengkapan referensi, bahan perkuliahan yang disampaikan oleh Prof Nurdin dapat diakses pada link berikut Silabus Matakuliah P3M
Comments
Post a Comment