Untuk
melengkapi keluasan dan kedalaman pengetahuan mahasiswa yang memprogramkan
matakuliah Program Pengembangan Pembelajaran Matematika, salah satu kajian yang
dilakukan terhadap Penilaian. Sebagai bahan rujukan untuk itu, perlu kita
cermati pengantar berikut.
Penilaian adalah bagian dari kurikulum.
Penilaian merupakan alat evaluasi yang berfungsi sebagai gambaran ketercapaian
Standar Nasional pendidikan. Penilaian dalam kurikulum 2004 maupun 2013
memiliki cakupan yang sama untuk dinilai, yaitu sikap,
pengetahuan, dan keterampilan yang dilakukan secara berimbang dan terintegrasi
dalam proses pembelajaran, sehingga dapat digunakan untuk mengukur ketercapaian
kompetensi untuk setiap peserta didik terhadap standar yang telah ditetapkan.
Implementasi Kurikulum 2013 berimplikasi pada
model penilaian pencapaian kompetensi peserta didik yang harus dilakukan oleh
pendidik. Penilaian oleh pendidik tidak hanya berfokus pada penilaian hasil
belajar, tetapi juga harus memperhatikan proses penilaian yang sifatnya lebih
kualitatif untuk proses perbaikan pembelajaran baik untuk pendidik maupun untuk
peserta didik. Instrumen penilaian harus dirancang secara bervariasi sesuai tuntutan
dalam kurikulum dan dibuat sesuai dengan prinsip-prinsip penilaian yang tepat.
Untuk dapat mengembangkan penilaian sesuai tuntutan tersebut, maka dibutuhkan
langkah-langkah perencanaan dan pengembangan instrumen penilaian yang tepat
yang mengacu pada indikator-indikator pembelajaran dan kompetensi dasarnya.
Sehubungan dengan hal di atas, Puspendik –
Balitbang Kemendikbud yang bergerak di bidang penilaian, menyempurnakan buku
pedoman penilaian hasil belajar yang sudah dikembangkan sebelumnya, sesuai dengan
kebijakan baru berkaitan dengan penilaian, sehingga secara umum buku ini dapat
dijadikan acuan oleh pendidik dari sekolah-sekolah yang menerapkan kurikulum
2013. Buku ini diharapkan dapat digunakan untuk semua jenjang. Di samping itu,
buku pedoman ini juga dilengkapi dengan buku pedoman teknis untuk
beberapa mata pelajaran pada jenjang SD, SMP, dan SMA yang lebih rinci lagi
tentang teknis perancangan, pengembangan dan pengolahan hasil penilaian
untuk setiap mata pelajaran. Buku pedoman penilaian hasil belajar ini
diharapkan dapat dijadikan sebagai acuan oleh para pendidik di lapangan
dalam merancang, mengembangkan, dan melaporkan hasil penilaian yang harus
dilakukan oleh pendidik di kelas.
Oleh karena itu, semoga buku tentang Pedoman Penilaian Kelas oleh Pendidik dapat bermanfaat dan berguna dalam penyusunan perangkat penilaian. Di samping mendapatkan informasi dari buku pedoman tersebut, mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan tentang penilaian yang diatur dalam standar penilaian. Untuk melengkapi itu, berikut lembar kerja yang harus dilengkapi Penilaian
Comments
Post a Comment