Skip to main content

Revisi Kurikulum 2013

Seperti yang kita ketahui dalam matakuliah Pengembangan Program Pembelajaran Matematika (P3M) selalu dilakukan pengkajian terhadap kurikulum yang berlaku saat ini di Indonesia. Kurikulum 2013 merupakan kurikulum terakhir yang diterapkan di sekolah, meskipun tidak semua sekolah dapat menerapkannya dengan baik dan efektif. Untuk itu, sebagai calon guru di sekolah, mahasiswa yang memprogramkan matakuliah P3M akan disajikan materi pengkajian tentang Kurikulum 2013.
Untuk mendukung pemahaman terhadap kurikulum 2013, selain bisa mencari dan membaca referensi lain yang berkaitan. Laman ini menyiapkan bahan presentasi yang berjudul "Revisi Kurikulum 2013 (Kompetensi, Materi, Pembelajaran, dan Penilaian)".
Sebagai gambaran pada slides presentasi tersebut, tersaji pengantar yang berkaitan tentang tingkatan taksonomi berpikir (Anderson, 2001), substansi perbaikan dokumen kurikulum 2013, pengembangan kompetensi pada kurikulum, perubahan paradigma pembelajaran, pengembangan pembelajaran, model pembelajaran, dan revisi kurikulum 2013 tahun 2017. Silahkan dikaji lebih lanjut, semoga bermanfaat.
Untuk melengkapi pengkajian terhadap materi yang diberikan, beberapa pertanyaan melengkapi sebagai berikut.
  1. Berikan penjelasan yang dapat berkaitan antara dimensi pengetahuan dan dimensi proses kognitif?
  2. Kemukakan yang menjadi perbedaan sebelum perbaikan dan sesudahnya?
  3. Berikan penjelasan pengembangan kompetensi yang disisipkan pada kurikulum?
  4. Kemukakan pendapat anda tentang paradigma pembelajaran yang diajukan?
  5. Kemukakan pendapat anda tentang pembelajaran yang dikembangkan dalam revisi kurikulum 2013?
  6. Apa yang anda pahami tentang model pembelajaran yang diajukan dalam revisi kurikulum 2013?
  7. Apa yang dimaksud dengan mengintegrasikan penguatan pendidikan karakter di dalam pembelajaran dan karakter apa saja yang diajukan?
  8. Apa yang dimaksud dengan mengintegrasikan literasi dalam revisi kurikulum tersebut?
  9. Apa yang dimaksud dengan mengintegrasikan HOTS dalam revisi kurikulum tersebut?
  10. Berikan pendapat kalian tentang kata mengintegrasikan, memperdalam, memperluas, dan menyelaraskan gerakan PPK dalam revisi kurikulum 2013?
 Jawaban dari pertanyaan di atas, kalian sampaikan melalui link dari lembar kerja berikut https://goo.gl/forms/6Op84lly6iNT69xK2
        

Comments

  1. Nun Hafizah Nur (1711440005) telah mengunduh file kurikulum 2013

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baik, silahkan dibaca, dilanjutkan ke lembar kerja.

      Delete
  2. Alhamdulillah, kami sudah mengunduh dan menyelesaikan tugas dari revisi kurikulum 2013 pak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sudah, dicek dibagian lembar kerja kurikulum 2013, dibagian bawah blog ada Portofolio P3M

      Delete
  3. Alhamdulillah, kami sudah mengunduh tugas dan menyelesaikan tugas revisi kurikulum 2013.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sudah, dicek dibagian lembar kerja kurikulum 2013, dibagian bawah blog ada Portofolio P3M

      Delete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Side (Sisi) vs Edge (Sisi)

Sisi vs sisi dalam matematika secara kata memiliki muatan huruf yang sama yaitu s dan i. Namun, sisi yang pertama tidak sama dengan sisi yang kedua. Sisi yang pertama dalam istilah bahasa Inggris dikenal dengan kata side, sedangkan sisi yang kedua bisa juga dikenal dengan kata tepi dalam bahasa Inggris disebut edge. Selanjutnya fokus pada dua kata yaitu side dan edge. Kedua kata ini biasanya digunakan dalam pembelajaran bangun datar atau bangun ruang. Untuk bangun datar, unsur yang dimiliki diantaranya adalah sisi, titik sudut, dan sudut. Ketiga unsur ini yang dengan mudah dapat ditemukan pada poligon konveks. Seperti yang kita ketahui bahwa bangun datar yang termasuk poligon konveks adalah mereka yang memiliki sisi lurus paling sedikit tiga. Dengan begitu, semua segitiga dan ragamnya termasuk dalam kelompok poligon. Begitu juga dengan segiempat, segilima, segienam, dan seterusnya yang biasa kita sebut dengan segi-n. Bagaimana dengan lingkaran, elips, atau oval, apakah ketiga figura-

Media Pembelajaran Manipulatif

Untuk melengkapi perkuliahan Media Pembelajaran Manipulatif, Rencana Pembelajaran Semester mata kuliah ini dapat dilihat di RPS MPM Media pembelajaran manipulatif adalah suatu media yang dikembangkan untuk membantu peserta didik memahami konsep pembelajaran yang diberikan. Media manipulatif juga merupakan alat bantu pembelajaran yang digunakan oleh peserta didik untuk memahami materi pembelajaran. Dengan begitu, koneksi antara media pembelajaran dengan materi pembelajaran harus saling terintegrasi. Hal ini bertujuan agar peserta didik memperoleh penjelasan yang jelas dan tepat cukup dengan menggunakan media tersebut. Selain itu, penggunaan manipulatif dalam konteks ini dimaksudkan agar peserta didik juga terlibat aktif di dalam memahami, menggunakan, hingga mengembangkan konsep tersebut. Sebagai contoh, misalnya pembelajaran matematika, tidak dipungkiri bahwa masih banyak siswa yang tidak mudah memahami konsep pembelajaran yang terdapat di dalam subjek ini. Selain karena konsep abstr