Skip to main content

Daftar Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Untuk menunjang pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang baik dan sistematis, disampaikan kepada seluruh mahasiswa yang memprogramkan matakuliah Pengembangan Program Pembelajaran Matematika untuk menyampaikan Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi yang akan dikembangkan di dalam RPP masing-masing. Untuk itu dapat dimasukkan ke dalam daftar KD dan IPK

Comments

Popular posts from this blog

Side (Sisi) vs Edge (Sisi)

Sisi vs sisi dalam matematika secara kata memiliki muatan huruf yang sama yaitu s dan i. Namun, sisi yang pertama tidak sama dengan sisi yang kedua. Sisi yang pertama dalam istilah bahasa Inggris dikenal dengan kata side, sedangkan sisi yang kedua bisa juga dikenal dengan kata tepi dalam bahasa Inggris disebut edge. Selanjutnya fokus pada dua kata yaitu side dan edge. Kedua kata ini biasanya digunakan dalam pembelajaran bangun datar atau bangun ruang. Untuk bangun datar, unsur yang dimiliki diantaranya adalah sisi, titik sudut, dan sudut. Ketiga unsur ini yang dengan mudah dapat ditemukan pada poligon konveks. Seperti yang kita ketahui bahwa bangun datar yang termasuk poligon konveks adalah mereka yang memiliki sisi lurus paling sedikit tiga. Dengan begitu, semua segitiga dan ragamnya termasuk dalam kelompok poligon. Begitu juga dengan segiempat, segilima, segienam, dan seterusnya yang biasa kita sebut dengan segi-n. Bagaimana dengan lingkaran, elips, atau oval, apakah ketiga figura-...

Media Pembelajaran Manipulatif

Untuk melengkapi perkuliahan Media Pembelajaran Manipulatif, Rencana Pembelajaran Semester mata kuliah ini dapat dilihat di RPS MPM Media pembelajaran manipulatif adalah suatu media yang dikembangkan untuk membantu peserta didik memahami konsep pembelajaran yang diberikan. Media manipulatif juga merupakan alat bantu pembelajaran yang digunakan oleh peserta didik untuk memahami materi pembelajaran. Dengan begitu, koneksi antara media pembelajaran dengan materi pembelajaran harus saling terintegrasi. Hal ini bertujuan agar peserta didik memperoleh penjelasan yang jelas dan tepat cukup dengan menggunakan media tersebut. Selain itu, penggunaan manipulatif dalam konteks ini dimaksudkan agar peserta didik juga terlibat aktif di dalam memahami, menggunakan, hingga mengembangkan konsep tersebut. Sebagai contoh, misalnya pembelajaran matematika, tidak dipungkiri bahwa masih banyak siswa yang tidak mudah memahami konsep pembelajaran yang terdapat di dalam subjek ini. Selain karena konsep abstr...

Antara Mainan dan YouTube

Seperti yang tampak dari tayangan di atas,  hadiah mainan yang diberikan oleh orang tua kepada mereka sebaiknya tidak hanya membuat mereka senang bermain. Mendapat mainan memang menyenangkan karena merupakan hadiah yang secara naluri kemanusiaan membuat perasaan menjadi senang. Namun, sayang kalau hanya satu sisi saja yang tersentuh oleh hadiah mainan tersebut. Hal ini yang menantang dan menarik bagi anak dan orang tua, sisi yang lain apa saja? mungkin demikian pertanyaan yang muncul. Pertanyaan yang lain itu dapat berupa sejauhmana mainan itu mampu mengekplorasi kemampuan anak-anak kita? Apakah mereka tahu apa yang mereka mainkan? Apa mereka mampu menjelaskan mainan itu? dan lain sebagainya. Ketika anak-anak kita mampu untuk menjawab atau menunjukkan jawaban dari pertanyaan tersebut, bukan tidak mungkin dari mainan tidak hanya menyenangkan tetapi juga mencerdaskan mereka. Saat ini, media sosial juga tidak hanya menjadi sarana untuk bersosialisasi atau berkomunikasi dengan oran...