Pengaruh SMP Virtual terhadap Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Siswa dalam Pembelajaran Matematika
Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan pengaruh penggunaan Sistem
Manajemen Pembelajaran (SMP) virtual, yaitu schoology, terhadap
kemampuan penalaran dan komunikasi siswa dalam pembelajaran matematika.
Adapun subjek dalam penelitian ini adalah satu kelompok siswa kelas VII
SMPN 1 Makassar sebanyak 30 orang yang dilibatkan dalam suatu penelitian
pra-eksperimen dengan desain tes sebelum dan sesudah. Selanjutnya
instrumen kemampuan penalaran dan komunikasi digunakan untuk mengukur
pengaruh penerapan SMP Virtual dalam kegiatan pembelajaran matematika.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor kemampuan penalaran dan
komunikasi siswa mencapai rata-rata sebesar 78, 74 (maks= 95) dengan
standar deviasi 8, 95, dan ketuntasan secara klasikal mencapai 85%.
Selain itu, kontribusi lain yang diperoleh adalah adanya perubahan
positif terhadap kemampuan penalaran dan komunikasi dengan skor
rata-rata gain sebesar 0, 79 dan termasuk kategori tinggi. Dengan kata
lain, SMP virtual memberikan pengaruh yang positif terhadap kemampuan
penalaran dan komunikasi siswa dalam kegiatan pembelajaran matematika.
Lebih lengkapnya dapat diperoleh dari http://ojs.unm.ac.id/index.php/semnaslemlit/article/viewFile/4118/2481
Lebih lengkapnya dapat diperoleh dari http://ojs.unm.ac.id/index.php/semnaslemlit/article/viewFile/4118/2481
Comments
Post a Comment