Untuk melengkapi perkuliahan Media Pembelajaran Manipulatif, Rencana Pembelajaran Semester mata kuliah ini dapat dilihat di RPS MPM
Media pembelajaran manipulatif adalah suatu media yang dikembangkan untuk membantu peserta didik memahami konsep pembelajaran yang diberikan. Media manipulatif juga merupakan alat bantu pembelajaran yang digunakan oleh peserta didik untuk memahami materi pembelajaran. Dengan begitu, koneksi antara media pembelajaran dengan materi pembelajaran harus saling terintegrasi. Hal ini bertujuan agar peserta didik memperoleh penjelasan yang jelas dan tepat cukup dengan menggunakan media tersebut. Selain itu, penggunaan manipulatif dalam konteks ini dimaksudkan agar peserta didik juga terlibat aktif di dalam memahami, menggunakan, hingga mengembangkan konsep tersebut.
Sebagai contoh, misalnya pembelajaran matematika, tidak dipungkiri bahwa masih banyak siswa yang tidak mudah memahami konsep pembelajaran yang terdapat di dalam subjek ini. Selain karena konsep abstrak yang tersaji di dalam materi pelajaran matematika, terdapat siswa yang biasanya tidak mampu menerima secara langsung untuk penjelasan pertama, apalagi untuk pertama kali. Untuk mengatasi ini, guru biasanya akan memberikan penjelasan lanjutan bahkan berulang-ulang. Keberadaan media diharapkan mampu mendukung penjelasan guru secara cara efektif dan efisien. Peran media dalam proses pembelajaran harus terlihat jelas mendukung siswa mengkonstruksi pengetahuan awal mereka. Peran yang jelas akan memberikan efek keberterimaan oleh pengguna dalam aktivitas pembelajaran mereka. Dengan kata lain, media pembelajaran yang tidak mendukung proses pembelajaran terlihat dengan jelas Bagaimana peserta didik akan kewalahan atau mengalami kesulitan di dalam memahami konsep atau materi pembelajaran yang diberikan.
Untuk pembelajaran yang berkaitan dengan materi aritmatika, siswa tingkat dasar atau kelas bawah perlu didukung dengan media pembelajaran. Alasan penting Sehingga kebutuhan mendasar adalah penggunaan media bagi siswa karena di tahap ini Mereka akan membangun pengetahuannya. Dengan melibatkan media, siswa dapat mengkonstruksi pengetahuan secara konkret dan mengembangkan pengetahuan awal mereka.
Media pembelajaran manipulatif adalah suatu media yang dikembangkan untuk membantu peserta didik memahami konsep pembelajaran yang diberikan. Media manipulatif juga merupakan alat bantu pembelajaran yang digunakan oleh peserta didik untuk memahami materi pembelajaran. Dengan begitu, koneksi antara media pembelajaran dengan materi pembelajaran harus saling terintegrasi. Hal ini bertujuan agar peserta didik memperoleh penjelasan yang jelas dan tepat cukup dengan menggunakan media tersebut. Selain itu, penggunaan manipulatif dalam konteks ini dimaksudkan agar peserta didik juga terlibat aktif di dalam memahami, menggunakan, hingga mengembangkan konsep tersebut.
Sebagai contoh, misalnya pembelajaran matematika, tidak dipungkiri bahwa masih banyak siswa yang tidak mudah memahami konsep pembelajaran yang terdapat di dalam subjek ini. Selain karena konsep abstrak yang tersaji di dalam materi pelajaran matematika, terdapat siswa yang biasanya tidak mampu menerima secara langsung untuk penjelasan pertama, apalagi untuk pertama kali. Untuk mengatasi ini, guru biasanya akan memberikan penjelasan lanjutan bahkan berulang-ulang. Keberadaan media diharapkan mampu mendukung penjelasan guru secara cara efektif dan efisien. Peran media dalam proses pembelajaran harus terlihat jelas mendukung siswa mengkonstruksi pengetahuan awal mereka. Peran yang jelas akan memberikan efek keberterimaan oleh pengguna dalam aktivitas pembelajaran mereka. Dengan kata lain, media pembelajaran yang tidak mendukung proses pembelajaran terlihat dengan jelas Bagaimana peserta didik akan kewalahan atau mengalami kesulitan di dalam memahami konsep atau materi pembelajaran yang diberikan.
Pemberian konsep pembelajaran merupakan hal penting untuk mendorong peserta didik membangun pengetahuannya |
Comments
Post a Comment