Skip to main content

Penilaian dan Permainan

Pendidikan merupakan proses untuk membentuk generasi bangsa dan negara menjadi sosok yang tangguh dan mampu menjaga keberlangsungan hidup. Di dalam proses pendidikan yang melibatkan anak-anak, metode yang menjawab apa yang dilakukan untuk mereka, bagaimana melakukan untuk mereka, dan apa hasil yang ditargetkan untuk mereka adalah pertanyaan biasa, tetapi jawaban yang ditunggu itulah yang luar biasa. Semboyan ASCD 75 yang menarik dalam bahasa inggris ditulis "Support Educators Yesterday, Today, and Tomorrow", untuk yang tertarik dapat mengunjungi alamat http://www.ascd.org/Default.aspx.
Pendidik memang harus didukung, terutama guru di sekolah. Alasan utama untuk itu adalah guru sekolah adalah pihak yang bertanggung jawab untuk membentuk kompetensi generasi yang menjaga keberlangsungan hidup bangsa dan negara. Apa yang dilakukan guru untuk siswa, bagaimana guru melakukan untuk siswa, dan apa hasil yang ditargetkan guru untuk siswa, adalah pertanyaan-pertanyaan yang jawabannya sangat dinantikan. Kinerja guru tidak dapat ditentukan seperti cara dokter bekerja dengan memberi obat pada pasien yang dalam hitungan waktu dapat disimpulkan bahwa pasien tersebut sembuh atau tidak. Apa yang dilakukan guru membutuhkan waktu dan membutuhkan usaha yang tidak hanya dibebani kepada guru saja, siswa yang bersangkutan harus turut serta membentuk jatidiri mereka melalui proses pendidikan yang dilaksanakan.
Berkaitan dengan dukungan untuk guru, artikel yang dimuat pada alamat ini: http://www.ascd.org/ascd-express/vol13/1312-portnoy.aspx?utm_source=ascdexpress&utm_medium=email&utm_campaign=Express%2014%2D12 cukup menarik dapat dibaca, dikaji, bahkan diterapkan.
Dalam artikel tersebut menggunakan permainan sebagai bagian dari penilaian merupakan usaha aktif dalam mendukung kegiatan pembelajaran siswa aktif dan mendorong guru untuk lebih kreatif dalam menciptakan atmosfir positif pembelajaran di kelas. Setelah dibaca, silahkan berikan komentar untuk kemajuan pengetahuan bersama.

Comments

Popular posts from this blog

Side (Sisi) vs Edge (Sisi)

Sisi vs sisi dalam matematika secara kata memiliki muatan huruf yang sama yaitu s dan i. Namun, sisi yang pertama tidak sama dengan sisi yang kedua. Sisi yang pertama dalam istilah bahasa Inggris dikenal dengan kata side, sedangkan sisi yang kedua bisa juga dikenal dengan kata tepi dalam bahasa Inggris disebut edge. Selanjutnya fokus pada dua kata yaitu side dan edge. Kedua kata ini biasanya digunakan dalam pembelajaran bangun datar atau bangun ruang. Untuk bangun datar, unsur yang dimiliki diantaranya adalah sisi, titik sudut, dan sudut. Ketiga unsur ini yang dengan mudah dapat ditemukan pada poligon konveks. Seperti yang kita ketahui bahwa bangun datar yang termasuk poligon konveks adalah mereka yang memiliki sisi lurus paling sedikit tiga. Dengan begitu, semua segitiga dan ragamnya termasuk dalam kelompok poligon. Begitu juga dengan segiempat, segilima, segienam, dan seterusnya yang biasa kita sebut dengan segi-n. Bagaimana dengan lingkaran, elips, atau oval, apakah ketiga figura-...

Media Pembelajaran Manipulatif

Untuk melengkapi perkuliahan Media Pembelajaran Manipulatif, Rencana Pembelajaran Semester mata kuliah ini dapat dilihat di RPS MPM Media pembelajaran manipulatif adalah suatu media yang dikembangkan untuk membantu peserta didik memahami konsep pembelajaran yang diberikan. Media manipulatif juga merupakan alat bantu pembelajaran yang digunakan oleh peserta didik untuk memahami materi pembelajaran. Dengan begitu, koneksi antara media pembelajaran dengan materi pembelajaran harus saling terintegrasi. Hal ini bertujuan agar peserta didik memperoleh penjelasan yang jelas dan tepat cukup dengan menggunakan media tersebut. Selain itu, penggunaan manipulatif dalam konteks ini dimaksudkan agar peserta didik juga terlibat aktif di dalam memahami, menggunakan, hingga mengembangkan konsep tersebut. Sebagai contoh, misalnya pembelajaran matematika, tidak dipungkiri bahwa masih banyak siswa yang tidak mudah memahami konsep pembelajaran yang terdapat di dalam subjek ini. Selain karena konsep abstr...

Revisi Kurikulum 2013

Seperti yang kita ketahui dalam matakuliah Pengembangan Program Pembelajaran Matematika (P3M) selalu dilakukan pengkajian terhadap kurikulum yang berlaku saat ini di Indonesia. Kurikulum 2013 merupakan kurikulum terakhir yang diterapkan di sekolah, meskipun tidak semua sekolah dapat menerapkannya dengan baik dan efektif. Untuk itu, sebagai calon guru di sekolah, mahasiswa yang memprogramkan matakuliah P3M akan disajikan materi pengkajian tentang Kurikulum 2013. Untuk mendukung pemahaman terhadap kurikulum 2013, selain bisa mencari dan membaca referensi lain yang berkaitan. Laman ini menyiapkan bahan presentasi yang berjudul " Revisi Kurikulum 2013 (Kompetensi, Materi, Pembelajaran, dan Penilaian) ". Sebagai gambaran pada slides presentasi tersebut, tersaji pengantar yang berkaitan tentang tingkatan taksonomi berpikir (Anderson, 2001), substansi perbaikan dokumen kurikulum 2013, pengembangan kompetensi pada kurikulum, perubahan paradigma pembelajaran, pengembangan pembelajar...